Natal adalah momen perayaan kelahiran Yesus Kristus, sang Mesias, ke dunia. Melalui Yesus, perjanjian Allah kepada umat-Nya untuk menyelamatkan mereka dari penghakiman kekal sudah terpenuhi. Kita merayakan Natal untuk mengucap syukur atas anugerahnya kepada kita, manusia berdosa. Makna Natal adalah memperoleh kasih Allah yang sangat besar, yang diberikan kepada manusia dengan gratis sebagai hadiah dan bukan upah karena melakukan sesuatu. Penebusan dan keselamatan yang kita terima adalah semata-mata anugerah Allah dan sepenuhnya adalah inisiatif dan perbuatan Allah. Pemaknaan Natal sejati ditunjukkan melalui seluruh totalitas hidup dalam setiap detail-detail pikiran, perkataan, dan perbuatan yang dipersembahkan bagi kemuliaan Allah di tempat maha tinggi. Perayaan Natal sejati adalah merayakan kasih Allah yang tidak terbatas yang telah diberikan kepada kita.

Jumat, 10 Januari 2019 merupakan hari yang spesial bagi SD Strada Dipamarga merayakan Natal bersama. Tema perayaan Natal tahun ini adalah “Yesus Sahabat Bagi Semua Orang.” Tema tersebut mengajak siswa-siswi untuk menjadi sahabat bagi siapa pun di Indonesia yang terdiri atas berbagai macam suku, budaya, dan keyakinan. Bangsa Indonesia telah memiliki sejarah panjang dalam kehidupan berbangsa dan bernegara hingga disatukan oleh prinsip Bhineka Tunggal Ika, berbeda-beda, namun tetap satu.

9552b116-a591-44cb-85c3-76d3865eb0bf
fe8675e6-8849-4a76-96a3-d5009312e2d3

 

Dalam pesan natal yang disampaikan Romo Roy Jelanu, siswa-siswi diingatkan pada teladan cinta kasih Yesus untuk saling rendah hati dan melayani. Injil Yohanes (15:14) memotret Yesus sebagai sosok sahabat yang menyerukan pesan cinta kasih bisa menjadi inspirasi bagi kita yang hidup di zaman ini untuk terus mempertahankan nilai-nilai perdamaian, kerukunan, dan pengertian sebagai sesama anak bangsa.

Merayakan Natal dalam terang kehadiran Ilahi yang mewartakan persahabatan berlandaskan cinta kasih merupakan panggilan bagi kita untuk keluar dari sekat-sekat suku, budaya, agama dan lain-lain. Bagi umat Kristiani panggilan tersebut merupakan panggilan untuk menjadi murid sejati yang mempraktikkan cinta kasih dalam kehidupan sehari-hari bersama keluarga, gereja, dan masyarakat.

102a1d72-7818-4951-b2f5-8e8c39fe33a5
52b76a25-c305-4c11-a730-1afeca68dacc

 

Acara berikutnya adalah penampilan dari siswa siswi. Beragam aksi dan pentas ditunjukkan setiap kelas, antara lain modern dance, vocal group, gerak lagu dan penampilan duet dari kelas 6. Penampilan dari setiap kelas sangat menghibur seluruh yang hadir di acara Natal tersebut tidak hanya itu kehadiran Santa Claus yang sangat ditunggu anak – anak. Seluruh siswa dan orang tua murid menikmati acara perayaan Natal. Acara sangat seru dan siswa sangat antusias menjawab pertanyaan yang diberikan Bapak Christyanus Priyanto selaku Kepala SD Strada Dipamarga karena siswa yang berhasil menjawab langsung mendapat hadiah.

Selamat Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Semoga bangsa Indonesia bisa menjadi sahabat bagi warganya dan selalu dikarunia damai dan sejahtera.

Sebarkan artikel ini